Kata SPAM sudah tak asing lagi di dunia maya. SPAM ada di e-mail, blog, dan lain lain. Sebetulnya sih di semua hal ada, cuma yang paling menonjol ada di dunia maya. Berkat bantuan teman saya bernama rafflez, saya bisa membuat posting ini. Sebenarnya apa itu SPAM? Bukan “Sistem Perusahaan Air Minum”. Baiklah ayo kita bahas.

SPAM

S = STUPID = tolol , bodoh.

P = POINTLESS = tidak ada tujuan

A = ANNOYING = mengganggu

M = MESSAGES = pesan-pesan

Seperti kata-kata di atas, SPAM adalah pesan (Messages) yang tidak bertujuan (Pointless), bodoh (Stupid) dan mengganggu (Annoying). Maksudnya SPAM adalah email sampah yang masuk ke email kita yang biasanya berisikan iklan yang tidak kita harapkan (email tak diundang),pengirim SPAM pun tidak kita kenal. Pengirim SPAM sengaja mengirim email sebanyak mungkin untuk menawarkan iklan berisi. Sangatlah tidak sopan tentunya bagi pengirim SPAM tersebut. Lalu apa sebenarnya kerugian SPAM? SPAM merugikan penerima karena menyebabkan Inbox cepat penuh (over quota), sehingga email lain yang mestinya masuk tidak bisa masuk.

Bagaimana proses terjadinya SPAM?

SPAMMER = Orang yang melakukan SPAM

Para spammer membutuhkan alamta e-mail para klien atau member-member. Biasanya dalam forum iklah produk ataupun produk iklan (Internet Shopping) yang membutuhkan proses registrasi (pendaftaran). Pada saat pendaftaran, orang yg akan mendaftar harus mengisi e-mail dan tidak dikonfirmasi. Apabila minta konfirmasi, berarti e-mail yg anda terima bukanlah SPAM semata, karena anda telah setuju dalam pengkonfirmasian tersebut.

Terkadang walaupun ada konfirmasi, e-mail yg dikirim bisa dikatakan SPAM. Biasanya dalam Web-Based Game Online. Mereka membutuhkan konfirmasi e-mail, tetapi e-mail yang dikirm oleh admin game tersebut seperti fitur baru game bisa dinyatakan SPAM oleh mail provider, karena tidak ada tujuan dan tidak diinginkan oleh sang penerima SPAM.

Setelah SPAMMER mendapatkan e-mail para klien, mereka menyebarkan SPAM kepada klien dan penerima secara massal (Mass Mailing) dan SPAM pun sangatlah mudah semudah memasukkan sampah ke tong sampah.

Bagaimana cara menghindari SPAM?

Mail provider memang sudah mempunyai anti-SPAM, tetapi karena para SPAMMER sangat canggih, SPAMMER bisa menembus barrier tersebut dan bisa mengirimkan SPAM ke sang penerima. Lalu apa upaya kita menghindari SPAM?

1. Berhati-hatilah saat mendaftar forum atau web-based game online ataupun Internet Shopping. Hanya mendaftar pada situs yang reputasinya dipercaya.

2. SPAM memang menyebalkan tetapi jangan membalasnya. Karena apabila membalas SPAM, sang SPAMMER mengetahui bahwa e-mail tersebut aktif dan ia akan mengirim SPAM yang lebih banyak lagi kepada Anda.

3. Forward melalui BCC (Blind Copy Carbon). sehingga SPAMMER tidak mengetahui isi serta alamat e-mail.

4. Gunakan software anti-SPAM. Malas dengan SPAM ini kuncinya.

5. Hapuslah SPAM, e-mail yang tak guna memang harus di hapus.

Kena deh SPAM


Advertisements