Rek tahukan yang namanya Google Chrome??.Google Chrome, browser keluaran Google adalah salah satu browser yang paling banyak dipakai oleh pengguna komputer untuk berinternet. Sampai akhir Maret 2010, menurut catatan StatCounter yang mengamati peta persaingan browser yang digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia, popularitas Chrome berada di nomor 3 setelah raksasa browser lain yang memang sudah eksis jauh lebih dulu seperti Internet Explorer milik Microsoft dan Firefox dari  Mozilla.

Namun, sepertinya berada di nomor 3 tidak cukup. Team Google Chrome terus berupaya berinovasi untuk bisa menjadi yang terbaik. Hanya berselang 2 bulan sejak Chrome 7 launch, team Google tidak beristirahat. Sebaliknya, kini team Chrome telah memulai development untuk Chrome 8.

Memang Chrome 8 masih dalam development, namun tidak ada salahnya kita mengintip  apa yang kira-kira sedang dikembangkan di versi 8.0 ini.

  • Instant Search  as a Option
    Feature ini memang sudah ada di Chrome sebelumnya, namun yang lebih baik lagi, team Chrome akan membuat fitur ini menjadi lebih user friendly.
    Tapi sebenarnya apa itu Instant Search? Instant search memang tidak beda seperti search engine jika spAcer ke www.google.com. Namun Instant search ini unik. Jika spAcer mengetik sebuah keyword diomnibox (gabungan antara address bar dan search bar)  chrome , browser akan memperlihatkan preview result dari query kamu. Tapi bedanya dengan search engine Google, Chrome tidak langsung memberikan result berdasarkan prediksi, namun ia me-refer dulu ke page yang sering kamu buka. Ini yang membedakan chrome dengan search engine google.
    Jika memang tidak ada, ia baru akan memberikan result berdasarkan prediksi. Ini tentu lebih memudahkan kamu terutama jika kamu lupa menyimpan alamat sebuah page
  • GPU Accelerated Canvas 2D
    Nah, ini kabar bagus buat spAcer yang suka main game online. Chrome 8 yang dibuat dalam Canvas (HTML5) nantinya akan memiliki akses  langsung ke graphic processing unit PC kamu, sehingga mempercepat proses loading sebuah halaman web. Jadi,  jika kamu bermain games online, lewat Chrome 8, tidak ada kejadian game yang tersendat-sendat. Memang secara keseluruhan, hasilnya tetap tergantung dari VGA komputer yang menggunakan. Namun yang pasti dengan adanya GPU Accelerated Canvas 2D, aktivitas dengan menggunakan web menjadi lebih cepat bila dibandingkan dengan browser yang tidak memilikinya.
  • Print Preview
    Fitur ini sebenarnya sudah di agendakan muncul pada Chrome 6, tapi menurut kabar terakhir, fitur ini akhirna akan muncul di Chrome 8.  Print preview sangat berguna untuk melihat tampilan print dari halaman web. Hingga saat ini, fitur print preview masih dalam development team Chrome.

Lalu, jika kita telah membicarakan hal ini secara terbuka, maka pertanyaan yang ditunggu-tunggu adalah, kapan Chrome 8 ini akan launching? Memang belum ada informasi pasti tentang kapan Chrome 8 officially launching, namun sepertinya tidak akan lama. So, untuk saat ini, let’s say : Hello Chrome 8!

Source : http://acerid.com/2010/11/hello-chrome-8/

Advertisements